DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL............................................................................................ 1
DAFTAR ISI.......................................................................................................... 2
KATA PENGANTAR.......................................................................................... 3
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang........................................................................................... 4
1.2 Maksud dan Tujuan.................................................................................... 4
1.3 Rumusan Masalah....................................................................................... 5
BAB 2 PEMBAHASAN
MATERI
2.1 Pengertian Komunikasi Efektif.................................................................. 6
2.2 Penerapan Komunikasi Efektif dalam kehidupan
sehari-hari..................... 6
2.3 Pentingnya Komunikasi Efektif salam dunia
Teknologi............................ 8
BAB 3 PENUTUP
3.1 Kesimpulan............................................................................................... 11
3.2 Saran......................................................................................................... 11
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 12
KATA PENGANTAR
Puji Sukur
kehadirat Allah SWT
atas karunianya yang
tidak terhingga sehingga kami dapat menyelesaikan Makalah yang berjudul
“Komunikasi Efektif” yang dilakukan untuk memenuhi syarat mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer . Dalam
penulisan Makalah ini kami telah
mendapatkan bantuan dari banyak pihak, maka dari itu kami mengucapkan banyak
terima kasih
Tanpa
bantuan dan dorongan
dari rekan-rekan , kami tidak dapat melaksanakan pembuatan Makalah ini.
Kami masih tahap
proses belajar apabila
ada banyak kesalahan
kami menerima kritik dan
saran dengan lapang
dada sebagai masukan
yang dapat membangun. Kami
juga memohon maaf sebesar-besarnya apabila
ada kesalahan dan kata-kata yang
tidak berkenan di hati. Akhir kata semoga Laporan Makalah ini dapat bermanfaat
bagi penulis dan khususnya pembaca pada umumnya.
Hormat Kami,
Semarang, 27 Maret
2018
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Komunikasi
merupakan aktifitas manusia yang sangat penting. Bukan hanya dalam kehidupan organisasi,
namun dalam kehidupan manusia secara umum. Komunikasi merupakan hal yang
esensial dalam kehidupan kita. Kita semua berinteraksi dengan sesama dengan
cara melakukan komunikasi. Komunikasi merupakan seni
penyampaiaan informasi (pesan, ide, sikap, atau gagasan) dari komunikator atau
penyampaian berita, untuk mengubah serta membentuk perilaku komunikasi atau
penerima berita (pola, sikap, pandangan, dan pemahamannya), kepola dan
pemahaman yang dikehendaki bersama.
Menurut Taylor (1993) mengemukakan komunikasi adalah proses pertukaran informasi atau proses yang menimbulkan dan meneruskan makna atau arti, berarti dalam komunikasi terjadi penambahan pengertian antara pemberi informasi dengan penerima informasi sehingga mendapatkan pengetahuan.
Komunikasi
harus dilakukan secara efektif agar komunikasi itu dapat mudah di mengerti oleh
komunikan, komunikasi yang efektif dapat dilakukan apabila seseorang yang
berkomunikasi memahami tentang pengertian dari komunikasi efektif, proses
komunikasi efektif dan unsur-unsur komunikasi efektif. Pada
makalah ini akan disampaikan tentang pengertian komunikasi efektif, penerapan
komunikasi efektif dalam kehidupan sehari-hari dan pentingnya komunikasi
efektif dalam dunia teknologi informasi.
1.2 MAKSUD DAN TUJUAN
1.
Mahasiswa/i dapat memahami pengertian komunikasi
efektif
2. Mahasiswa/i
dapat menerapkan komunikasi efektif dalam kehidupan sehari-hari
3. Mahasiswa/I
dapat memahami pentingnya komunikasi efektif dalam dunia teknologi dan informasi
1.3
RUMUSAN MASALAH
1. Apa pengertian pengertian komunikasi
efektif ?
2. Bagaimana penerapan komunikasi
efektif dalam kehidupan sehari-hari ?
3. Bagaimana pentingnya komunikasi
efektif dalam dunia teknologi dan informasi ?
BAB II
PEMBAHASAN MATERI
2.1. Pengertian Komunikasi Efektif
Komunikasi efektif yaitu komunikasi yang mampu
menghasilkan perubahan sikap ( attitude
change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi. Komunikasi efektif
memungkinkan seseorang dapat saling bertukar informasi, ide, kepercayaan,
perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan
harapan .
Tujuan komunikasi efektif adalah memberi kemudahan
dalam memahami pesan yang disampaikan antara pemberi dan penerima pesan.
Sehingga tercipta feed back yang baik
antara pemberi dan penerima pesan.
Komunikasi dapat dilakukan dengan cara yang
sederhana sampai yang kompleks, dan teknologi kinitelah merubah cara manusia
berkomunikasi secara drastis. Komunikasi tidak terbatas pada kata-kata yang terucap
belaka, melainkan bentuk dari apa sajainteraksi, senyuman, anggukan kepala yang
membenarkan hati, sikap badan, ungkapan minat, sikapdan perasaan yang sama.
Diterimanya pengertian yang sama adalah merupakan kunci dalamkomunikasi. Tanpa
penerimaan sesuatu dengan pengertian yang sama, maka yang terjadi adalah “dialog
antara orang satu”.
2.2. Penerapan Komunikasi Efektif dalam kehidupan
sehari - hari
Komunikasi merupakan proses interaksi / hubungan
satu sama lain antar sesama manusia serta penyampaian segala persoalan, sikap
dan kehendak,baik langsung maupun tidak langsung, sadar maupun tidak sadar
dengan maksud untuk menimbulkan tindakan–tindakan yang akan mencapai tujuan
komunikasi secara efektif. Pada saat pesan sampai pada diri komunikator, maka
terjadi interaksi dan saling mempengaruhi. Komunikasi merupakan salah satu hal
yang penting bagi manusia, dengan kata lain, kualitas hidup manusia juga
ditentukan oleh interaksi komunikasi yang dilakukan.
Pada umumnya,bentuk interaksi komunikasi yang tejadi
adalah komunikasi interpersonal. Komunikasi antar individu yang terjadi sebagai
bentukpemenuhan kebutuhan untuk bekerjasama dengan orang lain. Tindakan
terjadinya saling kerjasama antar satu dengan lainnya, merupakan kesatuan dari
komunikasi interpersonal yang efektif.
Berikut
beberapa bentuk komunikasi sebagai berikut :
1. Komunikasi
kelompok kecil
Komunikasi kelompok
kecil yaitu komunikasi antara anggota kelompok yang bertemu untuk tujuan yang
sama/biasa. Komunikasi kelompok kecil biasanya terjadi di ruangan kelas,
kuliah, tempat kerja, dll. Contoh komunikasi kecil ini salah satunya seorang
dosen yang menyosialisasikan tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan kepada
mahasiswanya. Sosialisasi ini dapat dilaksanakan atau disisipkan daa mata
kuliah terkait seperti lingkungan hidup, ekonomi, sumber daya manusia, dll.
2. Komunikasi
massa
Komunikasi massa yaitu
komunikasi dengan hadirin yang luas (banyak) melalui saluran media seperti TV,
radio, internet, media cetak (koran, majalah), dll. Dalam hal ini, komunikasi
massa dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah kepada masyarakat. Mereka
mengkomunikasikan Rencana Pembangunan Nasional, Rencana Kerja Pemerintah (RKP)
tahunan, dan Rencana Aksi Daerah (RAD) di tiap provinsi. Rencana-rencana
tersebut harus mengacu pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.
3. Komunikasi
public
Komunikasi publik yaitu
komunikasi dimana seseorang memberi pidato atau ceramah pada kelompok besar.
Pembicara publik menjelaskan tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan baik
secara makro maupun mikro. Sosialisasinya dapat bersifat membujuk, menghibur,
dan memotivasi. Dalam kaitannya dengan sosialisasi Tujuan Pembangungan
Berkelanjutan pembicara publik itu adalah orang yang kompeten dalam bidangnya seperti
ahli politik, ekonomi, SDM, dsb. Mereka dapat menyosialisasikan SDGS misalnya
dalam acara seminar atau talkshow.
Ketiga
bentuk komunikasi di atas harus memenuhi persyaratan berikut :
1. Menggunakan
bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti.
Bahasa merupakan
alat komunikasi. Agar pesan yang disampaikan komunikator dapat dipahami oleh
komunikan atau audiens maka bahasa
yang digunakan haruslah jelas dan mudah ditangkap.
2. Menciptakan
suasana yang menguntungkan.
Suasana yang
menguntungkan dapat diartikan bahwa ketika kita melakukan komunikasi tidak ada
gangguan atau hambatan. Gangguan atau hambatan tersebut dapat berbentuk
mekanis, semantis, maupun ekologis. Suasana menguntungkan secara singkat dapat
berrti bahwa suasana yang diciptakan mendukung tercapainya tujuan komunikasi
(komunikasi efektif).
3. Pesan
yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan.
Dalam hal ini
pemerintah, pendidik (dosen), pembicara seminar, dll. menyampaikan pesan atau
informasi yang menggugah perhatian.
4. Pesan
dapat menumbuhkan sesuatu penghargaan atau reward di pihak komunikan.
Pesan atau informasi
yang dikomunikasikan secara efektif dapat menumbuhkan penghargaan di pihak
komunikan atau khalayak. Hal ini terjadi jika komunikan atau khalayak merasa
pesan atau informasi yang diperolehnya bermanfaat. Manfaat yang dirasakan dapat
mendorongnya untuk melakukan suatu tindakan.
2.3. Penerapan Komunikasi Efektif dalam dunia teknologi dan
informasi
Saat ini segala hal tidak lepas dari komunikasi,
mulai dari ruang lingkup keseharian, ruang lingkup pendidikan, hingga ruang
lingkup pekerjaan. Hal ini merupakan komponen penting yang tidak bias lepas
dari kehidupan manusia untuk menyampaikan emosi, pesan, bekerja sama,
mewujudkan suatu gagasan, tujuan dan lain – lain.
Dalam berkomunikasi ini deperlukan komunikasi yang
efektif. Komunikasi yang efektif adalah komunikasi tersebut tersampaikan dengan
maksud yang benar dari komunikator lalu dapat diterima dengan baik oleh
komunikan, menggapai hasil yang diinginkan, menyenangkan untuk kedua pihak, dan
mampu meningkatkan hubungan sosial kedua pihak. Hal – hal tadi juga ada di
peran kita dalam pekerjaan, maupun bisnis.
Bisnis
merupakan suatu penyampaian dan penerimaan informasi diantara dua orang atau
lebih dengan harapan akan timbul pengaruh, atau efek positif yang diharapkan.
Di dalam bisnis ada persepsi dan aspresiasi. Bisnis dan komunikasi merupakan
salah satu proses sosial, lalu kesimpulannya komunikasi adalah bisnis, begitu
juga sebaliknya. Begitulah kenapa komunikasi efektif dalam dunia juga IT
diperlukan.
Dalam suatu komunitas, manusianya merupakan unsur
terpenting didalamnya. Oleh karena itu pemeliharaan hubungan yang terus menerus
dan serasi antar manusianya dalam suatu komunitas menjadi sangat penting.
Komunikasi yang efektif dapat mencapai kepuasan sesama manusianya dalam suatu
komunitas.
Dalam penyampaian komunikasi yang efektif diperlukan
jugaa penyampaian informasi yang terbuka dan jujur. Hal ini secara tidak
langsung komunikasi efektif menjadikan manusianya mempunyai kepribadian yang
terbuka dan jujur.
Seorang promoter sebaik mungkin membuat calon
pembelinya menyukai produk yang dijualnya. Ini membuktikan kalau komunikasi
yang efektif memberikan pengaruh terhadap komunikan untuk menyukai pada suatu
hal.
Manajer selalu mengusahakan terciptanya komunikasi
yang efektif dengan dan antar karyawannya, hal ini memicu kepuasan karyawan
sehingga meningkatkan produktifitas kerjanya. Ini memperlihatkan bahwa
komunikasi efektif dapat menimbulkan kapasitas maksimum dalam suatu komunitas.
Dalam komunikasi efektif, kita harus berkomunikasi
secara langsung terhadap lawan bicara. Kelebihannya pada saat itu juga kita
dapat melihat reaksi lawan bicara dapat. Dapat melihat ekspresi dan merasakan
perasaan emosional dari lawan bicara.
Efektifitas
waktu juga menjadi kelebihan dalam komunikasi efektif. Karena dalam komunikasi
efektif tidak diperlukan media komunikasi.
Contoh
Penerapan Dalam Dunia TI
1. Karyawan
developer junior pada perusahaan
Ubisoft memandang senior programmernya terampil dalam bidangnya dan dengan baik
bahasanya menyampaikan sebuah informasi. Nantinya diharapkan senior developer dapat membantu junior developer dengan komunikasi yang
seefektif mungkin.
2. Developer pada
perusahaan Ubisoft mempunyai supervisor
yang bersedia mendengarkan dan mau memahami pesan para karyawannya yang
disampaikan. Para karyawan developer tersebut
menyadari bahwa salah satu mereka mencintai pekerjaannya di perusahaan Ubisoft karena supervisor mereka mau mendengarkan para karyawannya. Bahkan supervisor mereka mau mendengarkan
secara langsung pesan pesan dari developer
Ubisoft.
3. Karyawan
programmer Ubisoft beranggapan kalau mereka juga bersedia untuk mendengarkan
dan memahami pesan yang disampaikan oleh supervisor
mereka. Timbul rasa empati sesama karyawan programmer dan supervisor
dari dalam diri mereka yang yang membuat mereka merasa bahwa lingkungan kerja
mereka nyaman.
4. Karyawan
programmer Ubisoft merasa bahwa
mereka memiliki keberanian bertanya kepada supervisor
mengenai kejelasan pekerjaan maupun pesan yang mereka terima dari supervisor. Ini menjadikan Ubisoft sebagai lingkungan kerja yang
aktif.
BAB III
PENUTUP
3.1.
KESIMPULAN
Komunikasi efektif yaitu komunikasi yang mampu
menghasilkan perubahan sikap ( attitude
change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi. Komunikasi efektif
memungkinkan seseorang dapat saling bertukar informasi, ide, kepercayaan,
perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan
harapan .
Tujuan komunikasi efektif adalah memberi kemudahan
dalam memahami pesan yang disampaikan antara pemberi dan penerima pesan.
Sehingga tercipta feed back yang baik
antara pemberi dan penerima pesan.
3.2.
SARAN
1. Dalam
komunikasi yang efektif maka harus menggunakan bahasa yang mudah ditangkap dan
dimengerti.
2. Pesan
yang disampaikan harus dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan.
3.
Pesan dapat menumbuhkan sesuatu
penghargaan atau reward di pihak komunikan
0 comments:
Post a Comment