Monday, April 2, 2018


DAFTAR ISI

HALAMAN  JUDUL............................................................................................ 1
DAFTAR ISI.......................................................................................................... 2
KATA PENGANTAR.......................................................................................... 3

BAB 1 PENDAHULUAN
1.1  Latar  Belakang........................................................................................... 4
1.2  Maksud dan Tujuan.................................................................................... 4
1.3  Rumusan Masalah....................................................................................... 5

BAB 2 PEMBAHASAN MATERI
2.1  Pengertian Komunikasi Efektif.................................................................. 6
2.2  Penerapan Komunikasi Efektif dalam kehidupan sehari-hari..................... 6
2.3  Pentingnya Komunikasi Efektif salam dunia Teknologi............................ 8


BAB 3 PENUTUP
3.1  Kesimpulan............................................................................................... 11
3.2  Saran......................................................................................................... 11

DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 12









KATA PENGANTAR
Puji  Sukur  kehadirat  Allah  SWT  atas  karunianya  yang  tidak terhingga sehingga kami dapat menyelesaikan Makalah yang berjudul “Komunikasi Efektif” yang  dilakukan  untuk memenuhi  syarat mata kuliah  Interaksi Manusia dan Komputer . Dalam penulisan  Makalah ini kami telah mendapatkan bantuan dari banyak pihak, maka dari itu kami mengucapkan banyak terima kasih
Tanpa  bantuan  dan  dorongan  dari  rekan-rekan  ,  kami  tidak dapat melaksanakan pembuatan Makalah ini. Kami  masih  tahap  proses  belajar  apabila  ada  banyak  kesalahan  kami menerima  kritik  dan  saran  dengan  lapang  dada  sebagai  masukan  yang  dapat membangun.  Kami  juga  memohon maaf  sebesar-besarnya  apabila  ada  kesalahan dan kata-kata yang tidak berkenan di hati. Akhir kata semoga Laporan Makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan khususnya pembaca pada umumnya.








Hormat Kami,



Semarang,  27  Maret  2018


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Komunikasi merupakan aktifitas manusia yang sangat penting. Bukan hanya dalam kehidupan organisasi, namun dalam kehidupan manusia secara umum. Komunikasi merupakan hal yang esensial dalam kehidupan kita. Kita semua berinteraksi dengan sesama dengan cara melakukan komunikasi. Komunikasi merupakan seni penyampaiaan informasi (pesan, ide, sikap, atau gagasan) dari komunikator atau penyampaian berita, untuk mengubah serta membentuk perilaku komunikasi atau penerima berita (pola, sikap, pandangan, dan pemahamannya), kepola dan pemahaman yang dikehendaki bersama.

Menurut Taylor (1993) mengemukakan komunikasi adalah proses pertukaran informasi atau proses yang menimbulkan dan meneruskan makna atau arti, berarti dalam komunikasi terjadi penambahan pengertian antara pemberi informasi dengan penerima informasi sehingga mendapatkan pengetahuan.
Komunikasi harus dilakukan secara efektif agar komunikasi itu dapat mudah di mengerti oleh komunikan, komunikasi yang efektif dapat dilakukan apabila seseorang yang berkomunikasi memahami tentang pengertian dari komunikasi efektif, proses komunikasi efektif dan unsur-unsur komunikasi efektif. Pada makalah ini akan disampaikan tentang pengertian komunikasi efektif, penerapan komunikasi efektif dalam kehidupan sehari-hari dan pentingnya komunikasi efektif dalam dunia teknologi informasi.

1.2  MAKSUD DAN TUJUAN

1.      Mahasiswa/i dapat memahami pengertian komunikasi efektif
2.      Mahasiswa/i dapat menerapkan komunikasi efektif dalam kehidupan sehari-hari
3.      Mahasiswa/I dapat memahami pentingnya komunikasi efektif dalam dunia teknologi dan informasi

1.3 RUMUSAN MASALAH
1.      Apa pengertian pengertian komunikasi efektif ?
2.      Bagaimana penerapan komunikasi efektif dalam kehidupan sehari-hari ?
3.      Bagaimana pentingnya komunikasi efektif dalam dunia teknologi dan informasi ?

BAB II
PEMBAHASAN MATERI

2.1.  Pengertian  Komunikasi Efektif
Komunikasi efektif yaitu komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap ( attitude change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi. Komunikasi efektif memungkinkan seseorang dapat saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan harapan .
Tujuan komunikasi efektif adalah memberi kemudahan dalam memahami pesan yang disampaikan antara pemberi dan penerima pesan. Sehingga tercipta feed back yang baik antara pemberi dan penerima pesan.
Komunikasi dapat dilakukan dengan cara yang sederhana sampai yang kompleks, dan teknologi kinitelah merubah cara manusia berkomunikasi secara drastis. Komunikasi tidak terbatas pada kata-kata yang terucap belaka, melainkan bentuk dari apa sajainteraksi, senyuman, anggukan kepala yang membenarkan hati, sikap badan, ungkapan minat, sikapdan perasaan yang sama. Diterimanya pengertian yang sama adalah merupakan kunci dalamkomunikasi. Tanpa penerimaan sesuatu dengan pengertian yang sama, maka yang terjadi adalah “dialog antara orang satu”.

2.2.  Penerapan Komunikasi Efektif dalam kehidupan sehari - hari
Komunikasi merupakan proses interaksi / hubungan satu sama lain antar sesama manusia serta penyampaian segala persoalan, sikap dan kehendak,baik langsung maupun tidak langsung, sadar maupun tidak sadar dengan maksud untuk menimbulkan tindakan–tindakan yang akan mencapai tujuan komunikasi secara efektif. Pada saat pesan sampai pada diri komunikator, maka terjadi interaksi dan saling mempengaruhi. Komunikasi merupakan salah satu hal yang penting bagi manusia, dengan kata lain, kualitas hidup manusia juga ditentukan oleh interaksi komunikasi yang dilakukan.
Pada umumnya,bentuk interaksi komunikasi yang tejadi adalah komunikasi interpersonal. Komunikasi antar individu yang terjadi sebagai bentukpemenuhan kebutuhan untuk bekerjasama dengan orang lain. Tindakan terjadinya saling kerjasama antar satu dengan lainnya, merupakan kesatuan dari komunikasi interpersonal yang efektif.

Berikut beberapa bentuk komunikasi sebagai berikut :
1.      Komunikasi kelompok kecil
Komunikasi kelompok kecil yaitu komunikasi antara anggota kelompok yang bertemu untuk tujuan yang sama/biasa. Komunikasi kelompok kecil biasanya terjadi di ruangan kelas, kuliah, tempat kerja, dll. Contoh komunikasi kecil ini salah satunya seorang dosen yang menyosialisasikan tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan kepada mahasiswanya. Sosialisasi ini dapat dilaksanakan atau disisipkan daa mata kuliah terkait seperti lingkungan hidup, ekonomi, sumber daya manusia, dll.

2.      Komunikasi massa
Komunikasi massa yaitu komunikasi dengan hadirin yang luas (banyak) melalui saluran media seperti TV, radio, internet, media cetak (koran, majalah), dll. Dalam hal ini, komunikasi massa dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah kepada masyarakat. Mereka mengkomunikasikan Rencana Pembangunan Nasional, Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahunan, dan Rencana Aksi Daerah (RAD) di tiap provinsi. Rencana-rencana tersebut harus mengacu pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

3.      Komunikasi public
Komunikasi publik yaitu komunikasi dimana seseorang memberi pidato atau ceramah pada kelompok besar. Pembicara publik menjelaskan tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan baik secara makro maupun mikro. Sosialisasinya dapat bersifat membujuk, menghibur, dan memotivasi. Dalam kaitannya dengan sosialisasi Tujuan Pembangungan Berkelanjutan pembicara publik itu adalah orang yang kompeten dalam bidangnya seperti ahli politik, ekonomi, SDM, dsb. Mereka dapat menyosialisasikan SDGS misalnya dalam acara seminar atau talkshow.

Ketiga bentuk komunikasi di atas harus memenuhi persyaratan berikut :
1.      Menggunakan bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti.
Bahasa merupakan alat komunikasi. Agar pesan yang disampaikan komunikator dapat dipahami oleh komunikan atau audiens maka bahasa yang digunakan haruslah jelas dan mudah ditangkap.
2.      Menciptakan suasana yang menguntungkan.
Suasana yang menguntungkan dapat diartikan bahwa ketika kita melakukan komunikasi tidak ada gangguan atau hambatan. Gangguan atau hambatan tersebut dapat berbentuk mekanis, semantis, maupun ekologis. Suasana menguntungkan secara singkat dapat berrti bahwa suasana yang diciptakan mendukung tercapainya tujuan komunikasi (komunikasi efektif).
3.      Pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan.
Dalam hal ini pemerintah, pendidik (dosen), pembicara seminar, dll. menyampaikan pesan atau informasi yang menggugah perhatian.
4.      Pesan dapat menumbuhkan sesuatu penghargaan atau reward di pihak komunikan.
Pesan atau informasi yang dikomunikasikan secara efektif dapat menumbuhkan penghargaan di pihak komunikan atau khalayak. Hal ini terjadi jika komunikan atau khalayak merasa pesan atau informasi yang diperolehnya bermanfaat. Manfaat yang dirasakan dapat mendorongnya untuk melakukan suatu tindakan.

2.3.  Penerapan  Komunikasi Efektif dalam dunia teknologi dan informasi
Saat ini segala hal tidak lepas dari komunikasi, mulai dari ruang lingkup keseharian, ruang lingkup pendidikan, hingga ruang lingkup pekerjaan. Hal ini merupakan komponen penting yang tidak bias lepas dari kehidupan manusia untuk menyampaikan emosi, pesan, bekerja sama, mewujudkan suatu gagasan, tujuan dan lain – lain.
Dalam berkomunikasi ini deperlukan komunikasi yang efektif. Komunikasi yang efektif adalah komunikasi tersebut tersampaikan dengan maksud yang benar dari komunikator lalu dapat diterima dengan baik oleh komunikan, menggapai hasil yang diinginkan, menyenangkan untuk kedua pihak, dan mampu meningkatkan hubungan sosial kedua pihak. Hal – hal tadi juga ada di peran kita dalam pekerjaan, maupun bisnis.
 Bisnis merupakan suatu penyampaian dan penerimaan informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan akan timbul pengaruh, atau efek positif yang diharapkan. Di dalam bisnis ada persepsi dan aspresiasi. Bisnis dan komunikasi merupakan salah satu proses sosial, lalu kesimpulannya komunikasi adalah bisnis, begitu juga sebaliknya. Begitulah kenapa komunikasi efektif dalam dunia juga IT diperlukan.
Dalam suatu komunitas, manusianya merupakan unsur terpenting didalamnya. Oleh karena itu pemeliharaan hubungan yang terus menerus dan serasi antar manusianya dalam suatu komunitas menjadi sangat penting. Komunikasi yang efektif dapat mencapai kepuasan sesama manusianya dalam suatu komunitas.
Dalam penyampaian komunikasi yang efektif diperlukan jugaa penyampaian informasi yang terbuka dan jujur. Hal ini secara tidak langsung komunikasi efektif menjadikan manusianya mempunyai kepribadian yang terbuka dan jujur.
Seorang promoter sebaik mungkin membuat calon pembelinya menyukai produk yang dijualnya. Ini membuktikan kalau komunikasi yang efektif memberikan pengaruh terhadap komunikan untuk menyukai pada suatu hal.
Manajer selalu mengusahakan terciptanya komunikasi yang efektif dengan dan antar karyawannya, hal ini memicu kepuasan karyawan sehingga meningkatkan produktifitas kerjanya. Ini memperlihatkan bahwa komunikasi efektif dapat menimbulkan kapasitas maksimum dalam suatu komunitas.
Dalam komunikasi efektif, kita harus berkomunikasi secara langsung terhadap lawan bicara. Kelebihannya pada saat itu juga kita dapat melihat reaksi lawan bicara dapat. Dapat melihat ekspresi dan merasakan perasaan emosional dari lawan bicara.
            Efektifitas waktu juga menjadi kelebihan dalam komunikasi efektif. Karena dalam komunikasi efektif tidak diperlukan media komunikasi.

Contoh Penerapan Dalam Dunia TI
1.      Karyawan developer junior pada perusahaan Ubisoft memandang senior programmernya terampil dalam bidangnya dan dengan baik bahasanya menyampaikan sebuah informasi. Nantinya diharapkan senior developer dapat membantu junior developer dengan komunikasi yang seefektif mungkin.
2.      Developer pada perusahaan Ubisoft mempunyai supervisor yang bersedia mendengarkan dan mau memahami pesan para karyawannya yang disampaikan. Para karyawan developer tersebut menyadari bahwa salah satu mereka mencintai pekerjaannya di perusahaan Ubisoft karena supervisor mereka mau mendengarkan para karyawannya. Bahkan supervisor mereka mau mendengarkan secara langsung pesan pesan dari developer Ubisoft.
3.      Karyawan programmer Ubisoft beranggapan kalau mereka juga bersedia untuk mendengarkan dan memahami pesan yang disampaikan oleh supervisor mereka. Timbul rasa empati sesama karyawan programmer dan supervisor dari dalam diri mereka yang yang membuat mereka merasa bahwa lingkungan kerja mereka nyaman.
4.      Karyawan programmer Ubisoft merasa bahwa mereka memiliki keberanian bertanya kepada supervisor mengenai kejelasan pekerjaan maupun pesan yang mereka terima dari supervisor. Ini menjadikan Ubisoft sebagai lingkungan kerja yang aktif.
  

BAB III
PENUTUP
3.1.  KESIMPULAN
Komunikasi efektif yaitu komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap ( attitude change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi. Komunikasi efektif memungkinkan seseorang dapat saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan harapan .
Tujuan komunikasi efektif adalah memberi kemudahan dalam memahami pesan yang disampaikan antara pemberi dan penerima pesan. Sehingga tercipta feed back yang baik antara pemberi dan penerima pesan.

3.2. SARAN
1.      Dalam komunikasi yang efektif maka harus menggunakan bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti.
2.      Pesan yang disampaikan harus dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan.

3.       Pesan dapat menumbuhkan sesuatu penghargaan atau reward di pihak komunikan

0 comments:

Post a Comment